Anda Harus Tahu, Begini Cara Mudah Menurunkan Biaya Tagihan Listrik

Share:
Sumber : detikfinance

Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting masyarakat Indonesia, meskipun secara mendasar listrik dapat diganti dengan berbagai energi lain, akan tetapi bagaimana jadinya jika energi yang dapat menghasilkan listrik tersebut mulai mahal. Tentu saja harga yang harus dibayar juga ikut naik mengikuti beban pengeluaran biaya-biaya penghasil listrik tersebut.

Saat ini sudah ada usulan pencabutan subsidi listrik bagi pelanggan 900 VA yang dirasa masuk kategori keluarga mampu (Sumber). Kita sudah bisa membayangkan jika subsidi saja dicabut tentu anda akan membayar dengan harga yang mahal perKwH, lalu bagaimana jika ditambah dengan kenaikan harga tarif listrik?

Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin menghemat pembayaran listrik. Tapi sebelum membahas bagaimana menghemat listrik, anda harus tahu salah satu penyebab bengkaknya biaya pembayaran listrik bulanan.

Salah satu penyebab yang seringkali diabaikan oleh masyarakat adalah pemasangan instalasi listrik yang tidak benar, karena aliran listrik pada kabel instalasi juga berpengaruh besar terbuangnya daya listrik ditengah jalan sebelum sampai pada alat yang menggunakan listrik, termasuk didalamnya sambungan kabel yang tidak benar, semakin jauh bentangan kabel instalasi, maka semakin banyak daya listrik yang terbuang, dan daya listrik yang terbuang ditengah jalan itulah yang disebut Daya Semu. Sementara listrik yang benar-benar digunakan untuk menghidupkan mesin dan peralatan lainnya disebut Daya Nyata. (sumber)

diantara salah satu pemicu membengkaknya tagihan pembayaran listrik yaitu daya semu ini

Apakah daya semu ini dapat dihilangkan?
Tentu saja bisa, salah satu cara yaitu dengan memperbaiki instalasi jaringan kabel di rumah anda dengan baik dan benar.

Yang anda harus tahu, begini cara mudah menurunkan biaya tagihan listrik yang legal dan dianjurkan oleh pemerintah yaitu dengan menggunakan salah satu alat yang dinamakan Home Electric Saver yang berfungsi meredam daya semu pada instalasi jaringan listrik yang ada di rumah anda.

Alata Penghemat Listrik hingga 30% teknologi Jerman
Gambar : Home Electric Saver (Alat Penghemat Listrik hingga 30%)
Home Electric Saver menggunakan teknologi jerman yang mampu mengurangi biaya listrik hingga 30%  dengan cara menurunkan jumlah arus yang masuk (ampere) pada tegangan yang tetap (volt) sehingga meringankan biaya listrik (watt) yang harus di bayar.

Alat ini diproduksi oleh PT. Hikmat Sukses Abadi, 
Distribusi oleh Andoda bekerjasama dengan 
UD. Asisten Kita (Facebook)
Asisten Kita (Website)

Jika anda sudah menggunakan alat tersebut, dan untuk lebih menghemat biaya tagihan listrik tentunya anda harus membiasakan hal berikut (sumber) :
  1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan
  2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa
  3. Hemat Pemakaian Lampu
  4. Gunakan AC Seperlunya 
  5. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

  • Daya Semu : Daya semu merupakan daya listrik yang melalui suatu penghantar transmisi atau distribusi. Daya ini merupakan hasil perkalian antara tegangan dan arus yang melalui penghantar.
  • Daya Nyata : Daya nyata merupakan daya listrik yang digunakan untuk keperluan menggerakkan mesin-mesin listrik atau peralatan lainnya.

 
Referensi :
- Andoda.id, Video Penjelasan Alat penghemat listrik, https://youtu.be/S-IJ3bWx05k
- UD. Asisten kita, Alat Penghemat Listrik,  http://es.asistenkita.id/
- UD. Asisten kita, Alat Penghemat Listrik, https://www.facebook.com/
- CNN Indonesia,Tarif Listrik Dikabarkan Naik di 2020, Ini Jawaban PLN, https://www.cnbcindonesia.com
- Cermati.com, Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak, https://www.cermati.com/
- Jagad.id, Pengertian dan rumus-rumus daya listrik, https://jagad.id/

Tidak ada komentar